Sekolah Pilot di Australia

Australia telah menjadi negara favorit pelajar-pelajar dari Indonesia, baik untuk jenjang universitas maupun untuk sekolah pilot. Namun, Australia terkenal ketat dalam memberikan visa belajar bagi calon-calon pelajar dan mahasiswa yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan di negeri Kanguru ini. Selain kemampuan akademis yang mumpuni, ada banyak persyaratan yang wajib Anda penuhi dalam hal administratif.

Berikut adalah 3 keunggulan utama melanjutkan pendidikan di sekolah-sekolah penerbang di Australia:

  1. Bahasa Inggris lancar.
    Untuk dapat bersekolah pilot di Australia, Anda wajib memenuhi nilai TOEFL atau IELTS minimal, sebagai bagian dari persyaratan sekolah dan pengajuan VISA. Hal ini berbeda dengan sekolah pilot di Filipina yang tidak mensyaratkan Anda untuk memiliki sertifikat bahasa Inggris resmi. Maka, jika kemampuan bahasa Inggris Anda belum memenuhi nilai minimum, Anda wajib mengikuti pelajaran bahasa Inggris tambahan di Indonesia dan melakukan tes ulang. Alternatif lain yang dapat Anda tempuh adalah mengambil short course untuk belajar bahasa Inggris di Australia. Opsi ini tidak begitu disarankan karena setelah mengikuti kursus 2-3 bulan, Anda tetap wajib melakukan tes ulang hingga memenuhi nilai minimum.
    Hal positif yang pasti Anda miliki setelah lulus dari program pilot ab initio di Australia adalah kefasihan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Tes bahasa Inggris ICAO yang wajib diikuti dan diperpanjang ketika Anda bekerja kelak tidak akan menjadi momok bagi Anda.
  2. Alumni diakui seluruh dunia.
    Bercita-cita untuk bekerja di Cathay Pacific, yang merupakan maskapai nomor 1 di seluruh dunia? Alumni-alumni dari beberapa sekolah di Australia telah menempatkan lulusan mereka di maskapai favorit ini. Setelah lulus dari program pendidikan pilot kelak dan bekerja untuk mengumpulkan jam terbang di tanah air, Anda kelak juga dapat mengikuti jejak alumni-alumni sekolah Anda, asik bukan?
  3. Network luas.
    Keunggulan lain yang dapat Anda peroleh adalah jaringan pertemanan dari seluruh yang luar karena pelajar-pelajar yang bersekolah di Australia umumnya berasal dari berbagai negara di dunia.

 

Untuk dapat sekolah di Filipina, Anda perlu lolos 2 tes wajib berikut ini:

  1. Medical Examination. Seluruh calon pilot, pilot, dan pramugari, di belahan dunia mana pun wajib melakukan tes kesehatan secara menyeluruh secara reguler di lembaga-lembaga resmi yang diakui pemerintah. Sebelum berangkat dan melakukan tes kesehatan di Australia, Anda disarankan untuk melakukan medical examination terlebih dahulu di Balai Kesehatan Penerbang, Jakarta sehingga jika ada kekurangan dapat segera diperbaiki.
  2. Bahasa Inggris. Anda dapat memilih di antara TOEFL dan IELTS & wajib memiliki skor di atas nilai minimal disyaratkan Kedutaan Besar Australia (untuk pengajuan visa belajar) dan sekolah pilot yang dituju.

 

Berikut adalah 3 sekolah pilot pilihan di Australia. Ketiga sekolah ini berlokasi di kota-kota yang berbeda sehingga Anda dapat memilih salah satu yang terletak di atau dekat dengan kota pilihan Anda.

  1. ANAC
  2. Air Gold Coast
  3. Antipodean