Sekolah Pilot di Indonesia

Berkarir sebagai pilot profesional merupakan impian banyak orang. Namun mewujudkannya tidak mudah karena selain Anda harus memiliki kemampuan akademis yang baik, Anda juga perlu mempersiapkan dana dalam jumlah yang besar, minimal 800 juta, untuk biaya pendidikan dari awal hingga lulus. Biaya ini sebaiknya sudah siap sejak awal karena durasi pendidikan pilot yang singkat, hanya berkisar 1,5-2 tahun.

Untuk itu, Anda harus cermat dan teliti dalam memilih sekolah pilot sehingga dana sebesar itu tidak hilang dengan sia-sia. Atau, alih-alih bisa lulus tepat waktu, Anda harus antri lama untuk dapat giliran berlatih terbang. Ingat, semakin lambat Anda lulus, semakin banyak lulusan pilot baru yang menjadi kompetitor Anda pada saat mencari kerja. Maskapai pun tentu akan menanyakan seputar durasi pendidikan yang lebih lama dibandingkan durasi pendidikan normal. Mudahnya, bandingkan dengan lulusan S1 yang lulus 3,5 vs 5 tahun, mana yang lebih disukai oleh pencari kerja?

Berikut adalah panduan bagi Anda yang sedang bingung memilih sekolah pilot yang tepat:

  1. Bandara latih. Salah satu alasan tingginya biaya sekolah pilot adalah kesempatan berlatih terbang yang tidak dapat diajarkan secara massal atau diwakilkan dalam praktiknya. Untuk dapat berlatih terbang, Anda harus berbagi jadwal dengan siswa-siswa lain yang satu sekolah. Di beberapa bandara, seperti di Cirebon dan Curug, ada beberapa sekolah yang melakukan latihan terbang di tempat yang sama. Hal ini membuat jatah latihan terbang yang ada dibagi-bagi antar sekolah lalu antar siswa.
  2. Hal lain yang wajib Anda perhatikan jika latihan terbang dilakukan di bandara komersil adalah memeriksa jumlah penerbangan komersil harian di bandara tsb. Pengecekan dapat dilakukan di website FlighStats. Semakin padat penerbangan (arrival & departure) yang ada, semakin sedikit kesempatan siswa untuk berlatih karena prioritas tentunya diberikan pada penerbangan komersil. Selain itu, latihan terbang untuk siswa-siswa, kebanyakan dilakukan pada siang hari dan cuaca cerah.
  3. Jumlah pesawat latih. Menurut peraturan penerbangan internasional, ICAO, 1 pesawat latih idealnya untuk 5 siswa yang latihan terbang. Peraturan ini dibuat untuk memastikan siswa dapat lulus tepat waktu. Maka, penting untuk menanyakan jumlah dan jenis pesawat aktif yang digunakan siswa untuk berlatih terbang. Bagian aktif sengaja saya tebalkan karena beberapa sekolah tetap menghitung pesawat mereka yang sudah tidak dipakai untuk latihan terbang.
  4. Umur sekolah. Cari sekolah dengan minimal umur 2 tahun. Hindari bersekolah di sekolah baru tanpa latar belakang kepemilikan yang kuat. Ada beberapa kejadian tragis di mana siswa yang sudah membayar terlantar dan tidak dapat melanjutkan pendidikan karena sekolah yang mereka pilih bangkrut, pemiliknya kabur, atau masa sewa pesawat latih berakhir. Dana yang telah mereka bayarkan lenyap seketika. Dan proses pendidikan pun terganggu. Mereka yang memiliki dana cadangan dapat dengan mudah mendaftar dan melanjutkan di sekolah baru.
  5. Alumni. Seringkali siswa dan orang tua tergoda biaya pendidikan murah atau bisa ditawar yang diberikan beberapa sekolah baru, tapi lupa memperhatikan alumni-alumni sekolah tersebut sudah bekerja di maskapai-maskapai mana saja di Indonesia. Semakin banyak alumni yang sudah bekerja & memiliki reputasi baik di mata maskapai, akan memudahkan Anda pada saat mencari pekerjaan kelak.

Untuk dapat diterima menjadi calon pilot, ada tahapan-tahapan tes yang perlu dilalui:

  1. Medical Examination –> tes kesehatan dilakukan di Balai Kesehatan Penerbang, Kemayoran. Semua calon pilot, pilot, dan pramugari wajib lolos tes kesehatan di sini.
  2. TOEIC –> minimal skor 400. Lolos medical examination dan TOEIC 400 merupakan persyaratan pengajual SPL (Student Pilot License).
  3. Psikotes –> umumnya dilakukan di Lakespra.
  4. Tes akademik –> diadakan oleh sekolah. Tidak semua sekolah mewajibkan tes akademik ini.

Berikut adalah sekolah-sekolah pilot terbaik di Indonesia:

  1. Aero Flyer Institute
  2. Dirgantara Pilot School
  3. Flybest Flight Academy