Sekolah Pilot di New Zealand

Selain bersekolah pilot di Australia, negara asing tujuan favorit pelajar dari Indonesia lainnya adalah Selandia Baru alias New Zealand. Negara yang terletak di sebelah tenggara Australia ini terbagi menjadi 2 pulau besar: North Island dan South Island. Di kedua pulau tersebut, terdapat sekolah-sekolah pilot yang dapat menjadi pilihan Anda.

  1. Jam terbang riil hingga 200 jam. Bagi Anda yang ingin memperoleh pelatihan jam terbang riil sebanyak-banyaknya selama masa pendidikan calon pilot, New Zealand merupakan pilihan yang tepat bagi Anda karena sekolah pilot di negara ini memberikan hingga lebih dari 200 jam terbang riil praktek. Jam terbang yang diberikan ini sekitar 50 jam lebih banyak dibandingkan sekolah-sekolah di Indonesia dan Australia, dan 20 jam lebih banyak dibandingkan sekolah-sekolah di Filipina. Ingat, semakin sering Anda berlatih menerbangkan pesawat, kemampuan handling Anda akan semakin meningkat dan berkontribusi besar pada saat melamar pekerjaan ke maskapai nantinya.
  2. Periode pendidikan singkat. Pendidikan pilot di New Zealand umumnya hanya membutuhkan waktu 1-1,5 tahun meskipun Anda memperoleh jam terbang riil lebih banyak dibandingkan bersekolah di negara-negara lainnya. Keunggulan waktu bisa dibilang tidak ternilai harganya karena tidak akan pernah dapat dibeli kembali.
  3. Bahasa Inggris lancar. Untuk dapat memperoleh visa belajar dari Kedutaan Besar Selandia Baru di Indonesia, Anda wajib memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Inggris dalam bentuk tes TOEFL atau IELTS yang dilaksanakan oleh lembaga resmi. Jika tidak, Anda belum dapat memulai proses pendidikan pilot ab initio dan perlu mengikuti kursus bahasa Inggris yang diadakan oleh lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan sekolah. Hal ini tidak kami sarankan karena setelah kursus selesai, Anda tetap harus melakukan tes ulang dan hanya bisa mulai sekolah setelah memenuhi nilai minimal. Untuk menghemat dana (dan waktu), kami menyarankan Anda untuk melakukan kursus intensif di Indonesia terlebih dahulu.
  4. ADAPT Test. ADAPT tes merupakan tes kemampuan yang menentukan apakah seseorang mampu dan layak untuk menjadi pilot atau tidak. ADAPT tes ini wajib dilakukan oleh semua calon pilot yang akan bersekolah di Selandia Baru dan juga pilot-pilot yang bekerja di maskapai-maskapai di Selandia Baru. ADAPT tes ini mengukur kemampuan Anda untuk dapat melakukan pekerjaan bersama-sama (multi tasks) dalam bentuk pemberian banyak perintah via suara dan visual. Tes ini terbilang unik bagi calon siswa dari Indonesia, tapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda diberi kesempatan untuk melakukan tes ini 2x berturut-turut yang dilakukan untuk menilai kecepatan Anda dalam beradaptasi terhadap hal-hal baru. Hal-hal ini sangat penting untuk seorang pilot profesional.
  5. Area lantai dekat pantai dan pegunungan. Baik di North Island maupun South Island, Anda berkesempatan untuk berlatih terbang di pesisir pantai dan area pegunungan. Kemampuan handling di daerah berangin dan pegunungan memberikan nilai tambah yang sangat krusial pada saat Anda melamar pekerjaan kelak. Perlu Anda ketahui, pada saat sekolah, kesempatan untuk berlatih terbang secara bersamaan di area pegunungan dan pantai tidak dapat diperoleh di banyak tempat.

 

Berikut adalah pilihan 2 sekolah pilot di Selandia Baru:

  1. Ardmore Flying School –> terletak di North Island
  2. International Aviation Academy of New Zealand (IAA NZ) –> terletak di South Island