Tanya Jawab

Apakah orang berkacamata bisa masuk sekolah penerbangan dan menjadi pilot?

J: Tidak bisa. Seorang pilot harus memiliki penglihatan yang bagus dan jelas karena ia akan mengoperasikan pesawat. Bagi yang bermata minus, disarankan untuk melakukan operasi mata/lasik yang biayanya mulai dari 15 juta rupiah.

Bagaimana awal jenjang karir seorang pilot? Apakah setelah lulus, saya langsung menjadi pilot?

J: Setelah lulus dari sekolah penerbangan dan berhasil melalui tes di maskapai penerbangan, Anda akan menjadi First Officer lalu co-pilot sebelum akhirnya menjadi pilot.

Berapa tinggi badan dan berat badan untuk masuk sekolah pilot?

J: Tinggi badan minimal yang ditentukan yaitu 170 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan. Sedangkan, berat badan kandidat harus proporsional (menyesuaikan dengan tinggi badan).

Berapa batas umur untuk menjadi pilot?

J: Batas maksimal kandidat rata-rata 30-32 tahun.

Bagaimana kalo gigi saya berlubang, tidak rata, atau rusak? Apakah bisa jadi pilot?

J:  Anda harus memperbaiki gigi yang rusak tersebut sebelum mendaftar di sekolah pilot karena gigi juga diperiksa saat tahap Medex (Medical Examination). Misalnya, dengan pakai behel atau tambal gigi. Seorang pilot seharusnya tidak mengalami masalah pada gigi karena tekanan udara yang menurun saat terbang dapat menimbulkan rasa ngilu dan nyeri pada gigi manusia.

Apa jenjang pendidikan terakhir yang diperlukan untuk menjadi pilot?

Di luar negeri, kandidat pilot harus S1, tapi di Indonesia, ijazah SMA sudah bisa mendaftar di sekolah pilot kok asalkan usianya sudah memenuhi.

Benarkah dari jurusan IPS dan Bahasa tidak bisa masuk sekolah pilot?

J: Di dunia penerbangan, Anda akan dihadapkan dengan rumus-rumus fisika dan matematika. Oleh karena itu, kandidat sekolah pilot harus memiliki kemampuan dasar di bidang IPA. Kebanyakan sekolah pilot lokal memang mengutamakan lulusan IPA, tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau sekolah pilot swasta lokal menerima lulusan IPS dan bahasa. Sekolah penerbangan di luar negeri tidak mempermasalahkan jurusan selagi Anda mampu melalui tes seleksi.

Mengapa ya banyak yang gagal/tidak diterima menjadi pilot padahal maskapai penerbangan Indonesia membutuhkan banyak pilot?

J: Sungguh ironis memang. Indonesia membutuhkan banyak pilot tapi jumlah yang diterima di maskapai penerbangan sangat minim. Tentunya ini kembali lagi ke jam terbang dan kemampuan kandidat. Jam terbang mereka belum cukup atau kemampuan mereka belum memadai untuk menerbangkan pesawat.

Bisakah saya langsung mengambil lisensi MER? Atau, bisakah saya langsung mengambil CPL tanpa harus PPL?

J: Pertama-tama, Anda harus memperoleh lisensi PPL (Private Pilot License) yakni lisensi yang memungkinan penerbangan pribadi (bisa terbang bersama keluarga). CPL (Commercial Pilot License) itu sendiri adalah jenis lisensi yang membolehkan Anda untuk menerbangkan pesawat komersial (untuk dibayar), contohnya pilot di maskapai penerbangan. Anda baru bisa mendapatkan CPL apabila sudah memegang PPL. Sedangkan, untuk mendapatkan lisensi MER (Multi-engine rating), Anda terlebih dahulu harus sudah memegang PPL, CPL, dan IR (Instrument Rating).

Bagaimana penghitungan jam terbang di Indonesia?

J: Setiap kandidat harus memenuhi jam terbang yang ditentukan untuk menjadi seorang pilot. Namun, kendalanya adalah siswa sekolah penerbangan mendapatkan jam terbang yang sangat minim. Beberapa hal yang mengganggu jam terbang adalah adanya penerbangan komersial (apabila bandaranya berada di satu tempat dengan lapangan terbang sekolah pilot tersebut). Penghitungan jam terbang juga sudah termasuk persiapan pesawat dan menyalakan mesin. Jadi, jam terbang yang didapatkan tidak sepenuhnya merupakan waktu saat Anda menerbangkan pesawat.

Apakah sekolah pilot yang bekerjasama atau merupakan bagian dari maskapai penerbangan tertentu dapat menjamin karir? Dengan kata lain, apakah kalau saya sekolah di sana, saya akan langsung diterima jadi pilot?

J: Ini adalah asumsi yang tidak benar. Kandidat lulusan sekolah penerbangan yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan belum tentu langsung berhasil jadi pilot di sana karena semuanya masih tergantung dari jam terbang dan kemampuan kandidat. Jangan buru-buru percaya kalau sekolah penerbangan yang bekerjasama atau dibawah pimpinan perusaahan maskapai menjanjikan hal ini. Memang peluangnya lebih besar, tapi bukan berarti Anda pasti jadi pilot.

Sekolah pilot kan mahal-mahal tuh, ada tidak solusi pembayaran?

J: Tergantung dari masing-masing kebijakan sekolah pilot tersebut. Beberapa sekolah pilot menawarkan student loan yang mana pihak sekolah pilot bekerjasama dengan bank atau instansi keuangan. Ada juga yang memberikan solusi pembayaran melalui cicilan.

 

Halo Teman!

Jika Anda punya pertanyaan apapun seputar sekolah pilot, silakan masukan pertanyaan Anda di bawah ini! Akan saya jawab secepatnya (1-2 hari)

Greg

8 thoughts on “Tanya Jawab

  1. Eryan Yosep R.

    saya mau tanya mas.
    1. kalau lisensi MER itu di hitung dari jam terbang ya ?
    2. bagaimana cara mendapatkan lisensi MER itu ?
    trimakasih.

    Reply
    1. Greg Post author

      @Eryan: MER itu lisensi beda lagi, bukan di hitung dari jam terbangnya doank.
      2. Dapetin MER cuma boleh kalo udah selesai PPL, CPL, dan IR.

      Reply
  2. Fahmi

    Umur saya sudah 30 th.. Saya tidak punya gelar sarjana dan hanya lulus sma,.. tapi saya punya duit untuk sekolah penerbangan.. Saya ingin meminta pendapatnya, jika saya lulus sekolah penerbangan dan mendapatkan semua lisensi yang dibutuhkan, berapa persen kira kira saya diterima di maskapai penerbangan (kira-kira saja)..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *